Kamis, 28 November 2024

 

ANALISA BAHAN AJAR

 

Judul Modul

Modul Teori Belajar dan Pembelajaran

Judul Kegiatan Belajar (KB)

1/2/3/4 (Disesuaikan dengan yang dilakukan)

Bahan ajar yang dianalisis

Artikel 1

No

Butir Pertanyaan

Respon/Jawaban

1.

Tuliskan minimal 3 (tiga) konsep beserta deskripsinya yang anda temukan di dalam bahan ajar

1. KONSEP BELAJAR SOSIAL

    Teori ini menerima  sebagian besar teori teori belajar perilaku

    manusia cukup fleksibel dan sanggup mempelajari bagaimana     kecakapan

    bersikap maupun berprilaku titik pembelajaran ini dari semua ini pengalaman 

    pengalaman tak terduga, meskipun dapat dan sudah banyak belajar dari               pengalaman langsung namun lebih banyak yang mereka pelajarai dari      aktifitas mengamati perilaku orang lain,

  B. Konsep Fungsi  penguatan dalam proses modeling

       1. sebagai fungsi informasi

      2.  Sebagai motivasi

  C. KONSEP PENGUATAN TEORI BELAJAR SOSIAL

       1.Hal yang memiliki kualitas motivasi

       2.manusia belajar melakukan antisifasi terhadap penguatan yang akan                      muncul             

D. KONSEP  PENERAPAN TEORI BELAJAR SOSIAL

     a. Intensionalitas 

          peserta didik adalah perencana yang bukan hanya sekedar ingin                              memprediksi masa depan, tetapi intens membangun komitmen proaktif             dalam mewujudkan setiap rencana

     b. memprediksi

          peserta didik memiliki kemampuan mengantisifasi hasil tindakan dan                      memili prilaku mana yang dapat memberi keberhasilan dan prilaku yang                mana untuk menghindari kegagalan

     c. Reaksi diri 

          peserta didik lebih dari sekedar berencana dan merenungkan prilaku                        kedepan karena manusia juga sanggup memberikan reaksi diri dalam                    proses motivasi dan meregulasi diri terhadap setiap tindakan yang                             dilakukan

        D. Refleksi diri 

            peserta didik adalah makhluk yang dilengkapi dengan kemampuan                          merefleksi diri, kemampuan merefleksi diri, membentuk kepercayaan diri                  manusia, bahwa manusia sanggup bahwa manusia melakukan tindakan             tindakan yang akan menghasilkan efek yang diinginkan,

C. KONSEP CARA YANG DI GUNAKAN UNTUK MENERAPKAN TEORI BELAJAR SOSIAL

            a. mengaitkan pelajaran dengan pengalaman atau kehidupan siswa

            b. menggunakan alat pemusat perhatian, seperti peta konsep , gambar,                       bagan , dan media media,

             c. menghubungkan pesan pembelajaran yang di pelajari dengan topik-                       topik yang sudah di pelajari

            d.  menggunakan musik 

             e. menciptakan suasana riang

             f. tehnik penyajian materi bervariasi

             g. mengurangi materi yang tidak relevan

 

2

Lakukan kontekstualisasi atas pemaparan materi dalam bahan ajar dengan relitas sosial

dalam konsep  teori belajar sosial ini dalam proses belajar sosial memberi            ruang bagi suatu proses yang bergerak terus menerus ,

    masalah utama  dalam realita sosial masih rendahnya daya serap peserta     didik , prestasi ini tentunya merupakan kondisi hasil proses mengajar yang     masih bersifat konvensional dan tidak menyentu ranah di mensi peserta didik     yang senantiasa  masih memprihatinkan,

    kenyataan di lapangan peserta didik menghapal konsep dan kurang mampu     menggunakan konsep tersebut jika menemui masalah dalam kehidupan nyata     yang berhubungan dengan konsep yang di miliki, siswa kurang mampu     menetukan masalah dan merumuskannya.

 

3

Refleksikan hasil kontekstualisasi materi bahan ajar dalam pembelajaran bermakna

dalam proses pembelajaran yang seharusnya guru aktif menemukan   memproses dan mengkontruksi ilmu pengetahuan dan keterampilan baru   cendrung mempertemukan ilmu pengetahuan secara langsung melalui           pengalaman, peserta didik secara mandiri dapat melakukan kontak dengan   segala realita dalam lingkungan hidupnya, atau pun pengetahuan yang   diperoleh melalui catatan -catatan, buku-buku perpustakaan.

 

 

Jambi, 22 Oktober 2024

Mahasiswa

 

 

(……………………… )

 

 ANALISIS BAHAN AJAR

 

Judul Modul

TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Judul Kegiatan Belajar (KB)

PENERAPAN TEORI BELAJAR SOSIAL ALBERT BANDURADALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH

Bahan ajar yang di analisis

ARTIKEL 1

No

Butir Pertanyaan

Respon/jawaban

1.

Tuliskan minimal 3 (tiga) konsep beserta deskripsinya yang Anda temukan di dalam bahan ajar;

 

·         Student centered mengandung pengertian pembelajaran menerapkan strategi pedagogi mengorientasikan peserta didik kepada situasi yang bermakna, kontekstual, dunia nyata dan menyediakan sumber belajar, bimbingan, petunjuk bagi pembelajar ketika mereka mengembangkan pengetahuan tentang materi pelajaran yang dipelajarinya sekaligus keterampilan memecahkan masalah. Paradigma yang menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran (teaching)

●        Sudut pandang bahwa belajar mengajar seharusnya meliputi keaktifan berpikir tentang apa yang dipelajari. Kemudian bagaimana menerapkan apa yang telah dipelajari dalam situasi nyata sebagai akomodasi kognitif terhadap pengetahuan baru, telah menjadi kajian dalam teori belajar sosial Albert Bandura;

●        Teori pembelajaran sosial merupakan perluasan dari teori belajar perilaku yang tradisional (behavioristik). Teori pembelajaran sosial ini dikembangkan oleh Albert Bandura (1986).

2.

Lakukan kontekstualisasi atas pemaparan materi dalam bahan ajar dengan realitas sosial;

Kajian asumsi penting lain yang perlu dibahas dalam teori belajar sosial Albert Bandura adalah determinisme timbal balik (reciprocal determinism). Menurut pandangan ini, pada tingkatan yang paling sederhana masukan indrawi (sensory input) tidak serta merta menghasilkan perilaku yang terlepas dari pengaruh sumbangan manusia secara sadar. Sistem ini menyatakan bahwa tindakan manusia adalah hasil dari interaksi tiga variabel, lingkungan, perilaku dan kepribadian.

3.

Refleksikan hasil kontekstualisasi materi bahan ajar dalam pembelajaran bermakna.

Agar belajar menjadi menyenangkan maka belajar seharusnya memiliki aktivitas untuk memperoleh informasi dan kompetensi baru. Aktivitas belajar yang dipilih harus menjembatani antara pengetahuan yang telah dimiliki peserta didik sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan dibangun peserta didik. Tindakan untuk menjembatani yaitu, memungkinkan peserta didik untuk mengerjakan kegiatan yang beragam dalam rangka mengembangkan keterampilan dan pemahamannya, dengan penekanan peserta didik belajar

 

Jambi, 22 Oktober 2024

Mahasiswa

 

 

(……………………… )

 

 

 

 


0 $type={blogger}:

Postingan Populer

Mengenai Saya

Foto saya
Jambi, Kota Jambi, Indonesia

Putra Muaro Bungo

Putra Muaro Bungo
Jadilah Diri Sendiri Tanpa Berharap Kepada Manusia

Simpel Aja

Simpel Aja

PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)

My Famili

SELAMAT DATANG DI

BLOG KHAIRUL AKMAN BLOG KHAIRUL AKMAN BLOG KHAIRUL AKMAN BLOG KHAIRUL AKMAN BLOG KHAIRUL AKMAN BLOG KHAIRUL AKMAN

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Tayangan Halaman

TERIM KASIH

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI BLOG KAMI SEMOGA BERMANFAAT