Senin, 05 Agustus 2024



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      :  SDN 25/IV Kota Jambi

Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti

Kelas/Semester           : III / 1

Pembelajaran 1           :  Nabi Muhammad saw.Panutanku

Materi Pokok              :  A. Sikap Percaya Diri Nabi Muhammad saw.

Alokasi Waktu            :  2 x 4 Jam Pelajaran

                                            

TUJUAN PEMBELAJARAN

     Menyebutkan sikap percaya diri Nabi Muhammad saw. dengan benar.

     Menjelaskan sikap percaya diri Nabi Muhammad saw. dengan benar.

     Menyebutkan pesan hadis yang terkait dengan sikap percaya diri dengan benar.

     Mengidentifikasi pesan hadis yang terkait dengan sikap percaya diri dengan benar.

     Menceritakan sikap percaya diri dari kisah Nabi Muhammad saw. dengan benar.

     Menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad saw. dengan benar.

     Menunjukkan sikap percaya diri dengan benar

     Karakter siswa yang diharapkan   : Religius, Nasionalis , Mandiri, Gotong Royong, Integritas

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1)        Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius

2)        Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3)        Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication Menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

Kegiatan Inti

      Guru menjelaskan sekitar materi sikap percaya diri Nabi Muhammad saw

      Peserta didik masih dalam kelompoknyamembaca terlebih dahulu teks yang berkaitan dengan sikap percaya diri Nabi Muhammad saw. Perwakilan setiap kelompokmenyampaikan kembali hasil bacaannya, kelompok yang lainmenyimak dan memberi tanggapan. Setelah sebagian dan atausemua kelompok selesai menyampaikan, guru memberi penguatandan penjelasan untuk lebih mempertajam materi.

      Peserta didik menyimak penguatan dan penjelasan guru yangberkaitan dengan sikap percaya diri Nabi Muhammad saw.

      Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secaraberkelompok.

      Menyampaikan kesimpulan secara individu maupun perwakilankelompok.

      Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas

      Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di papan pajangan

Kegiatan Bersama Orang Tua

      Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran.

Kegiatan Penutup

      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

      Melakukan penilaian hasil belajar

      Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)

 

PENILAIAN (ASESSMEN)

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

Mengetahui

Kepala SDN 25/IV Kota Jambi

 

 

 

Basyir, S.Pd

NIP.197003172005011005

 

Jambi,  Juni  2024

Guru Mapel

 

 

 

Koptiah, S.Pd.I.

NIP. 198307052024212016

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      :  SDN 25/IV Kota Jambi

Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti

Kelas/Semester           : III / 1

Pembelajaran 1           :  Nabi Muhammad saw.Panutanku

Materi Pokok              :  B. Sikap Mandiri Nabi Muhammad saw.

Alokasi Waktu            :   2 x 4 Jam Pelajaran

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

     Menyebutkan sikap mandiri Nabi Muhammad saw. dengan benar.

     Menjelaskan sikap mandiri Nabi Muhammad saw. dengan benar.

     Menyebutkan pesan hadis yang terkait dengan sikap mandiri dengan benar.

     Menjelaskan pesan hadis yang terkait dengan sikap mandiri dengan benar.

     Karakter siswa yang diharapkan   : Religius, Nasionalis , Mandiri, Gotong Royong, Integritas

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1)        Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius

2)        Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3)        Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication Menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

Kegiatan Inti

      Guru menjelaskan sekitar materi materi sikap percaya diri Nabi Muhammad saw

      Semua peserta didik mencermati bacaan tentang kemandirianRasulullah saw. Salah satu peserta didik membacanya dengan suara lantang.

      Dengan sikap tersebut, guru meyakinkan dan memberimotivasi kepada peserta didik untuk selalu mandiri dalammelakukan berbagai pekerjaan.

      Peserta didik dibagi menjadibeberapa kelompok. Setiap kelompok menyebutkan persepsinyamasing-masing mengenai apa yang mereka pahami tentangsifat-sifat yang bisa mengakibatkan anak tidak mandiri. Misalnyamenyebutkan sikap manja.

      Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.

      Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.

Kegiatan Bersama Orang Tua

      Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran.

Kegiatan Penutup

      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

      Melakukan penilaian hasil belajar

      Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)

 

PENILAIAN (ASESSMEN)

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

 

Mengetahui

Kepala SDN 25/IV Kota Jambi

 

 

 

Basyir, S.Pd

NIP.197003172005011005

 

Jambi,  Juni  2024

Guru Mapel

 

 

 

Koptiah, S.Pd.I.

NIP. 198307052024212016

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      :  SDN 25/IV Kota Jambi

Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti

Kelas/Semester           : III / 1

Pembelajaran 2           :  Senangnya Belajar Surat an-Nasr

Materi Pokok              :  A. Membaca Kalimat dalam Surat an-Nasr

Alokasi Waktu            :   1 x 4 Jam Pelajaran

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

     Membaca al-Qur’an Surat an-Nasr ayat 1 sampai 2 sesuai tajwid al-Qur’an yang benar.

     Membaca al-Qur’an Surat an-Nasr ayat 1 sampai 3 sesuai tajwid al-Qur’an yang benar.

     Karakter siswa yang diharapkan   : Religius, Nasionalis , Mandiri, Gotong Royong, Integritas

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1)        Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius

2)        Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3)        Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication Menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

Kegiatan Inti

      Guru menjelaskan sekitar materi Surat an-Nasr ayat 1, 2 dan 3 sesuai tajwid al-Qur’an yang benar.

      Secara individu maupun berkelompok, peserta didikmelakukan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapapertanyaan.

      Proses mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaandiskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan baik.

      Peserta didik mengamati potonganayat al-Qur’an dari beberapa surat-surat pendek. Kemudianmenyebutkan nama surat dan ayat ke berapa, selanjutnyamenunjukkan ayat yang termasuk Surat an-Nasr.

      Peserta didik mengamati gambar kemudianmengemukakan maksud gambar tersebut, baik secara individumaupun hasil kerja kelompok.

      Peserta didik atau kelompok lain menanggapi beberapa pendapatnya dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.

Kegiatan Bersama Orang Tua

      Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran.

 

Kegiatan Penutup

      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

      Melakukan penilaian hasil belajar

      Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)

 

PENILAIAN (ASESSMEN)

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

 

Mengetahui

Kepala SDN 25/IV Kota Jambi

 

 

 

Basyir, S.Pd

NIP.197003172005011005

 

Jambi,  Juni  2024

Guru Mapel

 

 

 

Koptiah, S.Pd.I.

NIP. 198307052024212016

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      :  SDN 25/IV Kota Jambi

Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti

Kelas/Semester           : III / 1

Pembelajaran 2           :  Senangnya Belajar Surat an-Nasr

Materi Pokok              :  B. MenghafalSurat an-Nasr

Alokasi Waktu            :   1 x 4 Jam Pelajaran

                                                 

TUJUAN PEMBELAJARAN

     Menunjukkan hafalan Surat an-Nasr ayat 1 sampai ayat 2 sesuai dengan makhraj dan tajwid yang benar.

     Menunjukkan hafalan Surat an-Nasr ayat 1 sampai ayat 3 sesuai dengan makhraj dan tajwid yang benar.

     Karakter siswa yang diharapkan   : Religius, Nasionalis , Mandiri, Gotong Royong, Integritas

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1)        Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius

2)        Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3)        Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication Menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

Kegiatan Inti

      Guru menjelaskan sekitar materi Surat an-Nasr ayat 1, 2 dan 3 sesuai tajwid al-Qur’an yang benar.

      Peserta didik menerima motivasi bahwa menghafal al-Qur’anbukanlah sesuatu yang sulit.

      Mengarahkan dan membimbing peserta didik dengan benartentang cara menghafal Surat an-Nasr dan makhraj huruf syakawal.

      Lantunan suara hafalan ayat sedapat mungkin diperindah.

      Lakukan pengulangan hafalannya, jika hafalan masih kurang lancar.

      Setelah lancar hafalannya, dilanjutkan dengan menghafalterjemahannya (ini dilakukan untuk lebih memperkuat danmempertajam pemahaman peserta didik dalam menangkap pesanpesan/kandungan surat dalam al-Qur’an).

      Komunikasikan dengan orangtua agar peserta didik tidak lupamenghafal Surat an-Nasr di rumah.

      Pada rubrik guru membimbing peserta didikuntuk memberikan tanda (√) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. Rubrikini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didikmenilai diri sendiri. Penilaian ini merupakan bagian dari penilaiansikap peserta didik dan akan menjadi bahan pengecekan, baik olehguru atau orangtua.

      Peserta didik diminta menjawabpertanyaan dengan isian singkat.

Kegiatan Bersama Orang Tua

      Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran.

 

Kegiatan Penutup

      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

      Melakukan penilaian hasil belajar

      Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)

 

PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

Mengetahui

Kepala SDN 25/IV Kota Jambi

 

 

 

Basyir, S.Pd

NIP.197003172005011005

 

Jambi,  Juni  2024

Guru Mapel

 

 

 

Koptiah, S.Pd.I.

NIP. 198307052024212016

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      :  SDN 25/IV Kota Jambi

Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti

Kelas/Semester           : III / 1

Pembelajaran 2           :  Senangnya Belajar Surat an-Nasr

Materi Pokok              :  C. Menulis Kalimat dalamSurat an-Nasr

Alokasi Waktu            :   1 x 4 Jam Pelajaran

                                            

TUJUAN PEMBELAJARAN

     Menulis kalimat dalam Surat an-Nasr ayat 1 sampai ayat 2 dengan benar.

     Menulis kalimat dalam Surat an-Nasr ayat 1 sampai ayat 3 dengan benar.

     Karakter siswa yang diharapkan   : Religius, Nasionalis , Mandiri, Gotong Royong, Integritas

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1)        Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius

2)        Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3)        Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication Menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

Kegiatan Inti

      Guru menjelaskan sekitar materi Surat an-Nasr ayat 1, 2 dan 3 sesuai tajwid al-Qur’an yang benar.

      Secara individu maupun berkelompok, peserta didikmelakukan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapapertanyaan.

      Proses mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaandiskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan baik.

      Peserta didik menerima motivasi bahwa menulis al-Qur’an sangatmudah.

      Peserta didik memerhatikan cara menulis yang benar, kalimat per-kalimat. Selanjutnya setiap peserta didik menyalin penggalan Surat an-Nasr pada kolom yang sudah disediakan dalam buku siswa.

      Peserta didik mampubersikap dan berkata “aku dapat menulis sendiri Surat an-Nasr”. Dengan demikiandiharapkan tidak ada satupun peserta didik yang tidak mau menulisatau tidak berani melakukannya dengan alasan sulit atau bahkansaya tidak bisa. Semua harus bisa.

      Peserta didik berkreasi membuat kaligrafi bisa diwujudkan menjadikaligrafi hiasan dinding. Dapat juga untuk sarana lomba denganmemberikan penghargaan bagi karya terbaik. Jika layak, dapat jugaditempel di dinding (mading).

Kegiatan Bersama Orang Tua

      Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran.

 

Kegiatan Penutup

      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

      Melakukan penilaian hasil belajar

      Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)

 

PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

Mengetahui

Kepala SDN 25/IV Kota Jambi

 

 

 

Basyir, S.Pd

NIP.197003172005011005

 

Jambi,  Juni  2024

Guru Mapel

 

 

 

Koptiah, S.Pd.I.

NIP. 198307052024212016

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      :  SDN 25/IV Kota Jambi

Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti

Kelas/Semester           : III / 1

Pembelajaran 2           :  Senangnya Belajar Surat an-Nasr

Materi Pokok              :  D. Pesan dalamSurat an-Nasr

Alokasi Waktu            :   1 x 4 Jam Pelajaran

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

     Menyebutkan arti Surat an-Nasr dengan benar.

     Menjelaskan pokok-pokok isi Surat an-Nasr dengan benar.

     Karakter siswa yang diharapkan   : Religius, Nasionalis , Mandiri, Gotong Royong, Integritas

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1)        Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius

2)        Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3)        Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication Menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

Kegiatan Inti

      Guru menjelaskan sekitar materi Surat an-Nasr ayat 1, 2 dan 3 sesuai tajwid al-Qur’an yang benar.

      Peserta didik menyimak penguatan penjelasan kisahyang terkait dengan al-Qur’anSurat an-Nasr (pengembanganmateri).

      Peserta didik diberikankesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secaraberkelompok.

      Peserta didik membuat contoh permasalahan kehidupan nyatasehari-hari (kontekstual) yang terkait dengan isi Surat an-Nasr.

Misalnya, kemenangan apa yang pernah mereka peroleh?

Juara kelas?

Menang perlombaan?

Apa yang harus dilakukan setelah menang? Pastilah harus membacatasbih agar terhindar dari perasaan takabur (sombong).

Apa yang perlu dilakukan agar menang dalam lomba? Tentu berdoakepada Allah Swt. agar Allah Swt. memberikan pertolongan.

      Topik kemenangan dapat didiskusikan antar peserta didik ataukelompok. Hasilnya dapat disampaikan baik secara individumaupun perwakilan kelompok di depan teman-teman yang lain.

Kegiatan Bersama Orang Tua

      Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran.

 

Kegiatan Penutup

      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

      Melakukan penilaian hasil belajar

      Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)

 

PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

                                            

 

Mengetahui

Kepala SDN 25/IV Kota Jambi

 

 

 

Basyir, S.Pd

NIP.197003172005011005

 

Jambi,  Juni  2024

Guru Mapel

 

 

 

Koptiah, S.Pd.I.

NIP. 198307052024212016

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      :  SDN 25/IV Kota Jambi

Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti

Kelas/Semester           : III / 1

Pembelajaran 3           :  Meyakini Allah itu Maha Esadan Maha Pemberi

Materi Pokok              :  A. Allah itu Maha Esa

Alokasi Waktu            :   1 x 4 Jam Pelajaran

                                   

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

     Menyebutkan arti Allah Swt. Maha Esa dengan benar.

     Menyebutkan bukti Allah Swt. Maha Esa dengan benar.

     Menyebutkan cara meyakini bahwa Allah Swt. Maha Esa dengan benar.

     Menjelaskan bahwa Allah Swt. Maha Esa dengan benar.

     Karakter siswa yang diharapkan   : Religius, Nasionalis , Mandiri, Gotong Royong, Integritas

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1)        Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius

2)        Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3)        Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication Menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

Kegiatan Inti

      Guru menjelaskan sekitar materi arti, bukti, cara meyakini  Allah Swt. Maha Esa dengan benar.

      Dari hasil menyimak kisah tersebut, peserta didik diberikankesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secaraberkelompok.

      Peserta didik menerima stimulus pengaitan sifat Allah Yang MahaEsa dengan persoalan kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual).

      Guru meminta peserta didik bersama-samamenghayati Allah Maha Esa, misalnya dengan mengucapkan“Subhanallah wallahu akbar”.

      Peserta didik secara bergiliranmenjelaskan Allah Maha Esa.

      Peserta didik diharapkan bisa lebihmenghayati makna pembelajaran pada pelajaran ini.

      Guru membimbing peserta didikuntuk memberikan tanda (√) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. Rubrikini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didikmenilai diri sendiri. Penilaian ini merupakan bagian dari penilaiansikap peserta didik dan akan menjadi bahan pengecekan, baik olehguru atau orangtua.

      Peserta didik diminta menjawabpertanyaan dengan isian singkat.

Kegiatan Bersama Orang Tua

      Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran.

Kegiatan Penutup

      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

      Melakukan penilaian hasil belajar

      Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)

 

PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

Mengetahui

Kepala SDN 25/IV Kota Jambi

 

 

 

Basyir, S.Pd

NIP.197003172005011005

 

Jambi,  Juni  2024

Guru Mapel

 

 

 

Koptiah, S.Pd.I.

NIP. 198307052024212016

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      :  SDN 25/IV Kota Jambi

Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti

Kelas/Semester           : III / 1

Pembelajaran 3           :  Meyakini Allah itu Maha Esadan Maha Pemberi

Materi Pokok              :  B. Allah itu Maha Pemberi

Alokasi Waktu            :   1 x 4 Jam Pelajaran

                                                 

TUJUAN PEMBELAJARAN

     Menyebutkan arti Al-Wahhab dengan benar.

     Menyebutkan bukti Allah Swt. Maha Pemberi dengan benar.

     Menyebutkan cara meyakini bahwa Allah Swt. Maha Pemberi dengan benar.

     Menjelaskan bahwa Allah Swt. Maha Pemberi dengan benar.

     Karakter siswa yang diharapkan   : Religius, Nasionalis , Mandiri, Gotong Royong, Integritas

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1)        Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius

2)        Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3)        Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication Menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

Kegiatan Inti

      Guru menjelaskan sekitar materi arti, bukti, Al-Wahhab dan cara meyakini  Allah Swt. Maha Esa dengan benar.

      Guru mengamati cara kerja peserta didikdalam menyelenggarakan belajar kelompok. Guru mengarahkan:

a)    Biarkan individu memilih teman kelompok untuk mengamati dan menyebutkan apa saja bukti Allah Swt. Maha Pemberi kepada makhluk-Nya. Guru dapat mengubah kelompok jika komposisinya tidak seimbang (misalnya anak pintar hanya ada di satu kelompok).

b)    Perhatikan cara peserta didik mengelola diskusi kelompok masing-masing, termasuk menentukan waktu dan tempat untuk melakukan pengamatan di luar kelas.

c)    Hasil diskusi dan cara menyimpulkannya, dituangkan dalam bentuk tulisan dapat menjadi bahan evaluasi untuk keperluan membangun kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah secara bersama.

      Peserta didik wajib bersyukur atas nikmat AllahSwt. Yang telah menciptakan benda-benda untuk dimanfaatkanmanusia. Dalam kerangka itu, guru perlu mengembangkan sikapapa yang harus dilakukan dalam rangka bersyukur.

Kegiatan Bersama Orang Tua

      Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran.

Kegiatan Penutup

      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

      Melakukan penilaian hasil belajar

      Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)

 

PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

Mengetahui

Kepala SDN 25/IV Kota Jambi

 

 

 

Basyir, S.Pd

NIP.197003172005011005

 

Jambi,  Juni  2024

Guru Mapel

 

 

 

Koptiah, S.Pd.I.

NIP. 198307052024212016

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      :  SDN 25/IV Kota Jambi

Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti

Kelas/Semester           : III / 1

Pembelajaran 4           :  Hidup Tenang denganBerperilaku Terpuji

Materi Pokok              :  A. Tanggung jawab

Alokasi Waktu            :   1 x 4 Jam Pelajaran

                                                 

TUJUAN PEMBELAJARAN

     Menyebutkan arti tanggung jawab dengan benar.

     Menjelaskan pesan hadis yang terkait dengan sikap tanggung jawab dengan benar.

     Menunjukkan sikap tanggung jawab dengan benar.

     Karakter siswa yang diharapkan   : Religius, Nasionalis , Mandiri, Gotong Royong, Integritas

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1)        Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius

2)        Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3)        Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication Menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

Kegiatan Inti

      Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hal yangtelah diamatinya. Apabila peserta didik mengalami kesulitan, gurumemberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didikmencari tahu dengan cara menanya.

      Peserta didik diminta mengamati gambarilustrasi. Tujuannya melatih peserta didik memahami objekpengamatan dan dapat mengungkapkan dalam kata-kata yangmudah dipahami orang lain. Tidak lupa guru memberikan semangatdan pembinaan.

      Peserta didik mengisi kalimat yang rumpang berdasarkanteks bacaan yang terdapat dalam pelajaran ini. Peserta didikdimungkinkan menjawab dengan bahasa dan kreatifitasnya.Mungkin juga dengan jawaban lain di luar teks. Jika isian yangdilakukan benar maka nilainya tetap benar.

      Peserta didik dilatih berimprovisasi melakukan perbuatan terpujipada kegiatan sehari-hari.

      Peserta didik diminta menjawabpertanyaan dengan isian singkat.

      Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.

      Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.

      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.

 

Kegiatan Bersama Orang Tua

      Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran.

Kegiatan Penutup

      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

      Melakukan penilaian hasil belajar

      Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)

 

PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Mengetahui

Kepala SDN 25/IV Kota Jambi

 

 

 

Basyir, S.Pd

NIP.197003172005011005

 

Jambi,  Juni  2024

Guru Mapel

 

 

 

Koptiah, S.Pd.I.

NIP. 198307052024212016

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      :  SDN 25/IV Kota Jambi

Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti

Kelas/Semester           : III / 1

Pembelajaran 4           :  Hidup Tenang denganBerperilaku Terpuji

Materi Pokok              :  B. Tawaduk

Alokasi Waktu            :   1 x 4 Jam Pelajaran

                                                 

TUJUAN PEMBELAJARAN

     Menyebutkan arti tawaduk dengan benar.

     Menjelaskan pesan hadis yang terkait dengan sikap tawaduk dengan benar.

     Menunjukkan sikap tawaduk dengan benar..

     Karakter siswa yang diharapkan   : Religius, Nasionalis , Mandiri, Gotong Royong, Integritas

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1)        Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius

2)        Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3)        Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication Menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

Kegiatan Inti

       menanggapi dan menjawab beberapapertanyaan.

       Proses mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaandiskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan baik.

       Guru mengelola kelas dengan 3tahap:

-       Pertama, peserta didik diklasifikasi dalam beberapa kelompokdiskusi yang rata-rata beranggotakan 5 orang. Seorang ditunjukmemimpin diskusi.

-       Kedua, setiap kelompok mencari contoh perbuatan yangmerupakan sikap tawaduk. Hasilnya ditulis di kertas berukuranbesar untuk setiap perbuatan.

      Ketiga, tulisan di tempelkan di papan tulis atau di tembok depankelas dan membahasnya satu persatu.Kelompok yang lain menyimak dan memberi tanggapan.Setelah sebagian dan atau semua kelompok selesai menyampaikan,guru memberi penguatan dan penjelasan (pengembangan materi).

      Peserta didik diminta membaca di dalam hatiatau suara pelan dan diminta merenungkan, “Aku harus bertuturkata dengan lemah lembut dan tidak menganggap rendah oranglain”.

      Guru membimbing peserta didikuntuk memberikan tanda (√) pada kolom yang tersedia. Rubrik inibertujuan memberi kesempatan kepada peserta didik menilai dirisendiri. Penilaian ini merupakan bagian dari penilaian sikap pesertadidik dan akan menjadi bahan pengecekan, baik oleh guru atauorangtua.

      Peserta didik secara berkelompokbekerjasama untuk diskusi mengamati ilustrasi tentang suatukegiatan. Peserta didik diharap mampu memberikan deskripsi dihadapan kelompok lain.

 

Kegiatan Bersama Orang Tua

      Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran.

Kegiatan Penutup

      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

      Melakukan penilaian hasil belajar

      Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)

PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

 

Mengetahui

Kepala SDN 25/IV Kota Jambi

 

 

 

Basyir, S.Pd

NIP.197003172005011005

 

Jambi,  Juni  2024

Guru Mapel

 

 

 

Koptiah, S.Pd.I.

NIP. 198307052024212016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      :  SDN 25/IV Kota Jambi

Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti

Kelas/Semester           : III / 1

Pembelajaran 5           :  Salat Kewajibanku

Materi Pokok              :  A. Inti Ibadah Salat

Alokasi Waktu            :   1 x 4 Jam Pelajaran

                                                 

TUJUAN PEMBELAJARAN

     Menyebutkan arti salat dengan benar.

     Menjelaskan pentingnya melaksanan salat dengan benar.

     Mengidentifikasi contoh inti ibadah salat dengan benar.

     Menunjukkan contoh inti ibadah salat dengan benar

     Karakter siswa yang diharapkan   : Religius, Nasionalis , Mandiri, Gotong Royong, Integritas

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1)        Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius

2)        Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3)        Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication Menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

Kegiatan Inti

       Semua peserta didik mencermati bacaan teks “Inti Ibadah Salat”,kemudian membacanya.

       Secara individu maupun berkelompok, peserta didikmelakukan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapapertanyaan.

       Proses mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaandiskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan baik.

       Guru memberikan penjelasan awal jika diperlukan terkait denganilustrasi yang telah didiskusikan.

       Guru memberikan tugas kelompok berupa:

a) Peserta didik dikelompokkan dengan jumlah empat sampai limaanak per kelompok. Masing-masing memilih ketua kelompok.

b) Setiap kelompok membaca dan mendiskusikan teks “inti ibadahsalat”. Ketua kelompok menunjuk seorang anggota untukmencatat hasil diskusi.

c)     Perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusinya. Kelompokyang lain menyimak dan memberi tanggapan. Hasil diskusikelompok diserahkan kepada guru.

       Guru meminta peserta didik bersama-samameresapi kalimat “Dengan rajin menjalankan salat, aku akanmenjadi orang baik karena salat dapat mencegah perbuatanperbuatanburuk”. Peserta didik bernyanyi sambilmenghayati lagu “Salat Kewajibanku”, dibimbing oleh guru.

       Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.

Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.

Kegiatan Bersama Orang Tua

      Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran.

Kegiatan Penutup

      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

      Melakukan penilaian hasil belajar

      Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)

 

Mengetahui

Kepala SDN 25/IV Kota Jambi

 

 

 

Basyir, S.Pd

NIP.197003172005011005

 

Jambi,  Juni  2024

Guru Mapel

 

 

 

Koptiah, S.Pd.I.

NIP. 198307052024212016

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      :  SDN 25/IV Kota Jambi

Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti

Kelas/Semester           : III / 1

Pembelajaran 5           :  Salat Kewajibanku

Materi Pokok              :  B. Hikmah Salat

Alokasi Waktu            :   1 x 4 Jam Pelajaran

                                                 

TUJUAN PEMBELAJARAN

     Membiasakan melaksanakan salat tepat waktu.

     Menyebutkan hikmah salat dengan benar.

     Menjelaskan hikmah salat dengan benar.

     Karakter siswa yang diharapkan   : Religius, Nasionalis , Mandiri, Gotong Royong, Integritas

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1)        Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius

2)        Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3)        Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti

      Semua peserta didik mencermati bacaan teks “Inti Ibadah Salat”, kemudian membacanya.

      Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hal yangtelah diamatinya. Apabila peserta didik mengalami kesulitan, gurumemberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didikmencari tahu dengan cara menanya.

      Guru membimbing peserta didikuntuk memberikan tanda (√) pada kolom yang tersedia. Tujuanrubrik ini sama dengan rubrik serupa sebelumnya.

Kegiatan 1:

      Peserta didik mencocokkan lajur kolom angka dengan lajurkolom di sebelahnya yang bersesuaian. Rubrik ini melatih pesertadidik memahami sesuatu berdasarkan apa yang telah dijelaskanoleh guru. Melatih peserta didik dengan kekuatan imajinasinyanamun dibantu dengan beberapa kata kunci agar tidak sulit untukdilakukan.

Kegiatan 2:

      Peserta didik dilatih mengungkapkan pengalamannya dalamberlatih menunaikan salat ketika di rumah, di masjid, di sekolah.Yang diungkapkan bukan caranya salat akan tetapi motivasi dansuasananya. Apakah kalau di rumah inisiatif sendiri atau apakahsuka disuruh orangtua? Lalu apakah salatnya berjamaah atausendiri? Bagaimana kalau suasana salat di sekolah? Apakah senangdengan salat berjamaah? Mengapa demikian? Kapan mereka seringsalat ke masjid? Sendirian atau bersama orangtua. Guru terlebihdahulu memerinci pokok-pokok hal yang akan diceritakan dandapat ditulis di papan tulis.

      Peserta didik diharapkan mampu danberani menuliskan kalimat singkat yang merupakan jawaban ataspertanyaan berdasarkan sesuatu yang dia simak dalam pelajaranini. Jawaban untuk pertanyaan kedua dan ketiga diharapkan dapatmembangun imajinasi peserta didik ketika sudah pernah atauterbiasa menjalankan salat.

Kegiatan Bersama Orang Tua

      Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran.

Kegiatan Penutup

      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

      Melakukan penilaian hasil belajar

      Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)

 

Mengetahui

Kepala SDN 25/IV Kota Jambi

 

 

 

Basyir, S.Pd

NIP.197003172005011005

 

Jambi,  Juni  2024

Guru Mapel

 

 

 

Koptiah, S.Pd.I.

NIP. 198307052024212016

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      :  SDN 25/IV Kota Jambi

Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti

Kelas/Semester           : III / 1

Pembelajaran 6           :  Kisah Keteladanan Nabi Yusuf as.&Nabi Syu’aib as.

Materi Pokok              :  A. Kisah Keteladanan Nabi Yusuf as.

Alokasi Waktu            :   1 x 4 Jam Pelajaran

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

     Menyebutkan keteladanan dari kisah singkat Nabi Yusuf as. dengan benar.

     Menceritakan kisah singkat Nabi Yusuf as. dengan benar.

     Karakter siswa yang diharapkan   : Religius, Nasionalis , Mandiri, Gotong Royong, Integritas

 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1)        Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius

2)        Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3)        Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti

      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai oleh pesertadidik.

      Secara individu maupun berkelompok, peserta didikmelakukan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapapertanyaan.

      Proses mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaandiskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan baik.

      Guru menata kelas menjadi ruangandiskusi. Kelas dibagi menjadi 8 kelompok. Setiap kelompokmendapatkan satu nomor dari beberapa penggalan kisah NabiYusuf as. yang disajikan.Setiap kelompok membaca dan berdiskusi, selanjutnyamenuliskan perbuatan apa yang bisa disimpulkan dari kisahtersebut. Jika perbuatan itu baik atau buruk bagaimana sikap kitamenanggapinya?Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas.Pada akhir sesi, guru memberikan tanggapan dan penjelasan.

      Guru membimbing peserta didikuntuk memberikan tanda (√) pada kolom yang tersedia. Rubrikini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didikmenilai diri sendiri. Penilaian ini merupakan bagian dari penilaiansikap peserta didik dan akan menjadi bahan pengecekan, baik olehguru atau orangtua.

      Peserta didik mengisi kalimat yang rumpang berdasarkanteks bacaan yang terdapat dalam pelajaran ini. Peserta didikdimungkinkan menjawab dengan bahasa dan kreativitasnya.Mungkin juga dengan jawaban lain di luar teks. Jika isian yangdilakukan benar maka nilainya tetap benar.

 

Kegiatan Bersama Orang Tua

      Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran.

 

Kegiatan Penutup

      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

      Melakukan penilaian hasil belajar

      Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)

                                            

 

Mengetahui

Kepala SDN 25/IV Kota Jambi

 

 

 

Basyir, S.Pd

NIP.197003172005011005

 

Jambi,  Juni  2024

Guru Mapel

 

 

 

Koptiah, S.Pd.I.

NIP. 198307052024212016

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      :  SDN 25/IV Kota Jambi

Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti

Kelas/Semester           : III / 1

Pembelajaran 6           :  Kisah Keteladanan Nabi Yusuf as.&Nabi Syu’aib as.

Materi Pokok              :  B. Kisah Keteladanan Nabi Syu’aib as.

Alokasi Waktu            :   1 x 4 Jam Pelajaran

                                                 

TUJUAN PEMBELAJARAN

     Menceritakan kisah singkat Nabi Syu‘aib as. dengan benar.

     Menjelaskan hikmah dari kisah Nabi Syu‘aib as.

     Menjelaskan keteladanan dari kisah Nabi Syu‘aib as. dengan benar.

     Karakter siswa yang diharapkan   : Religius, Nasionalis , Mandiri, Gotong Royong, Integritas

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1)        Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius

2)        Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3)        Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti

      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai oleh pesertadidik.

      Semua peserta didik mencermati bacaan teks “Kisah KeteladananNabi Syu’aib as.”, kemudian membacanya.

      Proses mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaandiskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan baik

      Guru menata kelas menjadi ruangandiskusi. Kelas dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompokmendapatkan satu nomor dari beberapa penggalan kisah NabiSyu’aib as. yang disajikan.Setiap kelompok membaca dan berdiskusi, selanjutnya menuliskanperbuatan apa yang bisa disimpulkan dari kisah tersebut. Jikaperbuatan itu baik atau buruk bagaimana sikap kita menanggapinya? Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas.Pada akhir sesi, guru memberikan tanggapan dan penjelasan.

      Guru memberikan tugas kelompok dengan membagi menjadi 2 sesi: Pertama:

Mengerjakan Tugas 1

Buat kelompok, dengan jumlah empat sampai lima anak perkelompok!  Setiap kelompok berdiskusi dengan menjawabpertanyaan berikut:

• Bagaimana kebiasaan kaum Madyan?

• Mengapa Kaum Madyan tidak beriman kepada Allah Swt.? Tuliskan hasil diskusi kelompok!

Kedua:  Mengerjakan Tugas 2

Perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusinya. Kelompokyang lain menyimak dan memberi tanggapan. Peserta didik diberikesempatan untuk menanya, apabila mengalami kesulitan, gurumemberikan bimbingan.

      Hasil diskusi kelompok berupa tulisan pokok pikiran diserahkankepada guru.

Kegiatan Bersama Orang Tua

      Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran.

Kegiatan Penutup

      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

      Melakukan penilaian hasil belajar

      Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)

 

 

Mengetahui

Kepala SDN 25/IV Kota Jambi

 

 

 

Basyir, S.Pd

NIP.197003172005011005

 

Jambi,  Juni  2024

Guru Mapel

 

 

 

Koptiah, S.Pd.I.

NIP. 198307052024212016

 



0 $type={blogger}:

Postingan Populer

Mengenai Saya

Foto saya
Jambi, Kota Jambi, Indonesia

Putra Muaro Bungo

Putra Muaro Bungo
Jadilah Diri Sendiri Tanpa Berharap Kepada Manusia

Simpel Aja

Simpel Aja

PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)

My Famili

SELAMAT DATANG DI

BLOG KHAIRUL AKMAN BLOG KHAIRUL AKMAN BLOG KHAIRUL AKMAN BLOG KHAIRUL AKMAN BLOG KHAIRUL AKMAN BLOG KHAIRUL AKMAN

Arsip Blog

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Tayangan Halaman

TERIM KASIH

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI BLOG KAMI SEMOGA BERMANFAAT